Selasa, 17 Februari 2009

PROFIL PESANTREN HDAYATULLAH KUTAI KARTANEGARA

Pondok Pesantren Hidayatullah Kutai Kartanegara adalah salah satu cabang Hidayatullah dari sekian cabang yang telah tersebar di seluruh penjuru tanah air, yang secara resmi berdiri pada tahun 1995 dengan akte pendirian no. 19 tertanggal 7 Juli 1995, namun kegiatan pondok pesantren hidayatullah di Kutai Kartanegara( Pada saat itu masih Kutai) sudah ada sejak tahun 1990-an tapi masih terbatas menjalin silaturrahhim kepada tokoh-tokoh masyarakat terutama pihak pemerintah daerah dan juga melakukan kegiatan pembinan dakwah dan penyebaran majalah hidayatullah yang merupakan salah satu media dakwah hidayatullah, yang pada saat itu masih dibawa koordinasi cabang samarinda.
Berkat semangat kerja keras dan dibarengi dengan ibadah dan keyakinan yang kuat yang memang sudah menjadi karakter seorang kader Hidayatullah. Pada akhirnya membuahkan hasil. Seorang dermawan Bpk M.Untung menghibahkan tanahnya seluas ± 0,5 ha di Dusun Marangan Desa Loh Sumber Kec. Loa Kulu, dengan modal lokasi inilah Pondok Pesantren Hidayatullah Kutai Kartanegara memantapkan diri. Walaupun lokasinya terbilang terpencil namun tidak mengurangi rasa syukur dan semangat untuk mengembangkannya. Alhamdulullah saat ini berkat kepedulian dari semua pihak , Pondok Pesantren Hidayatullah Kutai Kartanegara telah memiliki beberapa sarana berupa gedung pendidikan permanen, asrama permanen, mesjid serta rumah ustadz (pengasuh) dan lokasi juga semakin berkembang dari 0,5 ha kini sudah berkembang menjadi 6 ha yang di huni 60 santri dan 25 ustadz dan ustadzah. Disamping itu pula keberadaannya cukup diterima oleh masyarakat luas terbukti dengan banyaknya permintaan pembinan dan ceramah baik majelis ta’lim maupun istansi.
VISI
Menjadi lembaga pengkaderan Islam yang unggul, amanah dan mandiri

MISI
Menjadikan masjid sebagai pusat gerakan dan pembinana spritual
Menyelenggarakan pendidikan profesional yang dapat melahirkan kader berakhlaq mulia, cerdas, mandiri dan memiliki tanggung jawab mengangkat martabat ummat
Menjadikan kampus sebagai alat peraga dakwah dan pendidikan, yang islamiah, ilmiah dan alamiah
Membentuk lembaga lembaga ekonomi yang dapat mendukung terselenggaranya proses pendidikan dan pengkaderan

BUDAYA PESANTREN
Yakin dan ikhlas
Berakhlaq mulia, berpikir konseptual dan visioner
Mempertajam kualitas spritual
Semangat dalam pengabdian
Mengangkat kemuliaan islam

3 komentar: